Wednesday 12 December 2012

Cara Booting Windows 7 Melalui USB Flashdisk


Mungkin artikel yang satu ini sudah banyak dijelaskan di berbagai blog lain baik dari dalam maupun liar negeri.  Namun saya menulisnya kembali sebagai sarana membagi ilmu kepada yang membutuhkan saja. Dalam artikel ini saya akan membagikan sedekiti pengetahuan saya mengenai Cara Booting Windows 7 Melalui USB Flashdisk. Disini saya akan menggunakan command prompt (CMD) windows sebagai media untuk membuat flashdisk menjadi bootable. Tentu saja yang harus dipersiapkan adalah 1 buah flashdisk berukuran 2GB atau lebih, DVD Windows 7, 1 buah PC/laptop. Oke langsung tancap ke proses....

Langkah-langkah :

  1. Tancapkan flashdisk target ke PC/laptop.
  2. Buka command prompt dengan cara ketik cmd di kotak pencarian start menu, kemudian klik kanan dan pilih run as administrator.
  3. Setelah jendela command prompt terbuka kita akan menggunakan fasilitas diskpart untuk menemukan posisi flashdisk. kemudian ketik DISKPART pada jendela command prompt, maka akan muncul versi diskpart yang akan digunakan.
  4. langkah selanjutnya, setelah masuk diskpart. Sekarang kita ketik kan list disk untuk memunculkan list nomor USB flashdisk kita. Biasanya terletak di Disk 1 tapi bisa saja menjadi Disk 2 atau Disk 3.
  5. Kamudian kita akan melakukan proses format terhadap flashdisk ini. Pertama kita pilih terlebih dahulu letak flashdisk dengan mengetik select Disk 1. Dilanjut dengan mengetikan clean dan kita buat partisi dengan mengetikan create partition primary. Selanjutnya aktifkan partisi dengan mengetik select partition 1 dilanjut dengan mengetik active. Kemudian lakukan format dengan mengetikan Format fs=NTFS. Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai.
  6. Langkah selanjutnya, ketik assign dilanjut dengan exit untuk keluar dari diskpart tetapi jangan dulu menutup jendela command prompt.
  7. Setelah langkah diatas sekarang masukan DVD Windows 7 atau bisa menggunakan fasilitas virtual drive seperti daemon tool atau ultra iso jika kita memiliki file mentahan Windows 7 berformat iso. Kita asumsikan bahwa DVD berada di drive  E: dan flashdisk ada di drive F:
  8. Sekarang kita masuk ke folder boot, dengan cara mengetik E: kemudian dilanjut dengan cd E:\Boot.
  9. Langkah berikutnya membuat USB flashdisk menjadi bootable dengan cara ketik bootsect.exe /nt60 F:
  10. Setelah itu kita bisa menutup jendela command prompt.
  11. Eits, belum berakhir sampai situ. sekarang kita copy semua yang berada di DVD Windows 7 ke dalam flashdisk kita.
  12. Restart PC/Laptop dan setting first boot menjadi USB flashdisk milik kita. Dan selesai, flashdisk siap digunakan untuk menginstall Windows 7.

Cukup sederhana tanpa menggunakan aplikasi tambahan diluar command prompt (kecuali virtual drive sbg pengganti DVD ROM). Semoga sedikit ilmu ini bermanfaat. ^_^
Sumber :

DAFTAR ISI

No comments:

Post a Comment

Two Reasons why IPS is a "Must Have" for your Network

Introduction This is the third in my Security Series of Connect articles.  For more information on how to keep your enterprise environm...