Saturday, 12 May 2012

Cara Membuat Arang Briket dari Sampah


Arang Briket dari SampahSetelah tahu caranya Membuat Arang Batok Kelapa kali ini adalah bagaimana membuat arang briket dari sampah, nah lo! lebih mudah bahan bakunya karena adalah sampah. Masyarakat pedesaan biasa membuat arang untuk membakar sate, untuk anglo dll. Untuk arang biasa yang bukan dari sampah, biasanya cara pembuatannya adalah dengan kayu dibakar dalam ruang tertutup agar udara atau oksigen tidak bisa masuk.

Selama pembakaran, asap dan api keluar menghalangi udara atau oksigen masuk. Yang terbakar adalah getah, ter dan senyawa lain di dalam kayu yang sudah mengandung Oksigen. Karena C sebagai unsur kayu murni tidak kebagian Oksigen, tidak bisa terbakar, maka pada akhir pembakaran ini diperoleh arang atau karbon murni. Atau biasanya disebut arang aktif yang sangat baik sebagai pengisap bau, gas, racun, pemurni air untuk akuarium air laut, penjernih air minum dll.
Sekarang adalah cara membuat arang dari sampah, ikuti saja petunjuk berikut ini:

Sediakan drum/tong bekas terus lubangi bagian bawah sebesar 10×14 cm.
Kemudian sampah yang sudah kering Anda masukan kedalam drum tadi sedikit demi sedikit terus di bakar, setelah dapat setengah drum lalu tutup lubang bagian bawah. Terus isi sampah sampai penuh kemudian tutup bagian atas drum dengan tanah atau seng biar oksigen tidak bisa masuk, karena jika oksigennya masih bisa masuk pembakaran sampah bisa jadi abu bukannya arang.
Tunggu sekitar beberapa jam hingga semua benar-benar terbakar kemudian gulingkan drum tadi terus disiram air, supaya apinya cepat padam. Giling sampah yang sudah jadi arang berwarna hitam tadi, tidak punya penggiling boleh di tumbuk terus di ayak lembut, semakin lembut briket lebih padat dan kuat.
Setelah jadi bubuk arang terus selanjutnya buat lem pati kanji atau tepung tapioka. Caranya ambil tepung sekitar 2 genggam terus campur pakai air dingin terus diaduk. Selanjutnya adonan tepung tadi masukan pada air mendidih terus diaduk, adonan buat encer saja.
Masukan serbuk arang tadi sedikit demi sedikit seperti bubur, kalau sudah jadi bisa Anda cetak sesuai selera. Cetakan yang bagus dari paralon panjang 30cm setengah dan tekan dengan kayu biar padat. Kemudian langkah terakhir jemur di tempat yang panas / di open saja biar cepat kering dan siap di pasarkan.
Semoga bermanfaat dan bisa lho untuk bisnis home industri.

Sumber :

DAFTAR ISI

No comments:

Post a Comment