Saturday, 12 May 2012

Cara Membuat Arang Batok Kelapa


Cara Membuat Arang Batok KelapaArang Batok Kelapa adalah arang yang terbuat dari tempurung kelapa.  Arang ini biasa digunakan untuk membuat bara api yang digunakan untuk membakar sate, steak, ayam bakar, kambing guling dan lain-lain. Akan berguna bagi Anda untukmenyambut lebaran jika menu lebaran nanti membutuhkan arang dan Anda memiliki tempurung kelapa dalam jumlah lumayan. Atau mungkin Anda ingin berbisnis menjual arang batok kelapa.
Selain untuk dimanfaatkan baranya, arang batok kelapa digunakan sebagai bahan baku briket, bisa juga sebagai penyaringan air (Water Treatment)karena kandungan Carbon Active pada arang batok kelapa sangat tinggi yang berfungsi sebagai anti toksic atau anti racun dan penawar bau.



Cara 1 - Dibakar Langsung
Batok Kelapa langsung dibakar diatas tanah, setelah menjadi bara, matikan api, biasanya dengan cara disiramkan air pada bara tersebut. Hasil arang dari cara ini, kwalitas arang kurang bagus karena arang banyak yang pecah-pecah dan mengandung kadar air tinggi.

Cara 2 - Dibakar Dalam Drum
Sediakan drum yang sudah dilepas penutup atasnya (seperti tong sampah). Berdirikan drum dengan lubang menghadap keatas. Masukkan dua genggam batok kelapa kedalam dasar drum kemudian bakar dengan api.
Setelah api menyala masukkan sedikit demi sedikit batok kelapa, biarkan asap mengepul seperti sekam. Bila api menyala cepat-cepat timbun dengan batok terus sampai drum terisi hampir penuh oleh batok kelapa. Tutup drum, bila batok yang berada diatas sudah menjadi arang, berarti arang sudah jadi.
Tumpahkan drum yang berisi arang diatas matras,biarkan hingga dingin kena angin. Ayak arang untuk memisahkan dari debu. Kemas dalam karung plastik, simpan ditempat yang kering.

Sumber :

DAFTAR ISI

No comments:

Post a Comment