Friday 27 April 2012

Penanganan Banjir di Indonesia

Halaman adalah komponen terpenting dari instalasi penampungan air untuk Mencegah terjadinya Banjir. Penataan drainase menjadi salah satu prioritas utama dalam perbaikan infrastruktur suatu wilayah. Halaman drainase yang buruk dapat menyebabkan banjir dan akhirnya merusak properti dan lansekap.
Di Indonesia program drainase sering dikenal dengan istilah sumur resapan. Yang saya tahu setiap satu rumah penduduk seharusnya ada satu sumur resapan untuk menampung air hujan sebagai cadangan apabila terjadi musim kemarau. Hal ini selain untuk mencegah terjadinya banjir msyarakat juga tidak akan terlalu khawatir kekurangan air karena memiliki cadangan air di rumahnya. Namun, kenyataan yang terjadi memang tidak sesuai harapan. Begitu banyak rumah penduduk yang tidak memiliki sumur resapan. Pada akhirnya Banjir tidak dapat kita elakkan. Semakin hari permasalahan banjir ini menjadi semakin besar muncul ke permukaan dan semakin sulit ditanggulangi. Saya sebagai orang yang kurang begitu paham mengenai siklus dan perubahan cuaca. Akhir-akhir ini, di sepanjang tahun 2010 kemarin dan sampai sekarang. Saya mencermati keadaan iklim dan perubahan cuaca yang terjadi di daerah saya, kabupaten Bandung. Perubahan cuaca yang saya rasakan selama ini tidak menentu, dalam arti tidak teratur siklus perubahannya. Karena ketika saya masih masih SD terus terang perubahan cuaca seperti pergantian musim hujan ke musim kemarau itu siklusnya teratur, yang saya tahu kalau mau musim hujan biasanya terjadi di bulan September sampai bulan Februari dan kalau musim kemarau itu biasanya terjadi di bulan Maret sampai Agustus. Sampai ada istilahnya di tempat saya dari tahun 1985-1997, namanya langganan banjir setiap bulan Januari.  Itu saya selalu ingat sampai sekarang, tapi dari tahun 1998-sekarang di daerah tempat saya tinggal sudah tidak banjir lagi, karena ada pembesaran area sungai oleh pemerintah setempat. Yang sampai sekarang masih terus kebagian banjir adalah wilayah Baleendah dan Dayeuhkolot. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan banjir di hampir semua wilayah Indonesia, yaitu:
  1. Sebagian sungai kita telah mengalami pendangkalan
  2. Banyak masyarakat yang tidak tahu aturan dengan membuang sampah ke sungai
  3. Kurangnya sistem drainase di setiap halaman rumah penduduk
Solusi untuk mengatasi permasalahan banjir di negara kita antara lain:
  1. Penataan sistem drainase harus sesegera mungkin ditindaklanjuti
  2. Penanaman pohon-pohon produktif di setiap rumah penduduk
  3. Perbaikan jalan-jalan umum dan fasilitas publik lainnya
  4. Pendidikan mental masyarakat Indonesia untuk taat pada aturan agar membuang sampah pada tempatnya
  5. Kerja bakti, gotong royong dari semua pihak untuk membersihkan sampah-sampah di sekitar aliran sungai
  6. Pengerukan tanah yang mengendap di sekitar aliran sungai
Jika semua masyarakat dan pemerintah berperan aktif dalam penanganan banjir maka saya yakin in the future permasalahan banjir dapat kita atasi. Bagaimana dengan solusi Anda untuk menangani permasalahan banjir di negara kita?
http://de-future.com
Sumber :

No comments:

Post a Comment

Two Reasons why IPS is a "Must Have" for your Network

Introduction This is the third in my Security Series of Connect articles.  For more information on how to keep your enterprise environm...